Halaman

Memperbaiki Master Boot Record Win 7


Anda tidak perlu khwatir untuk instal ulang windows anda, kita akan mencari solusi terbaik untuk masalah ini. Disini saya lebih mengarah kepada MBR pada windows 7, karna MBR windows 7-lah yang sering mengalami kerusakan. Ciri-ciri kerusakan pada MBR ialah, munculnya perintah BootMGR is missing, Press CTRL + ALT + Del To restart  pada saat anda merestart komputer dan mencoba menghidupkannya kembali. Berikut gambar dari Boot Record yang hilang.




Taukah anda tentang master Boot record atau yang di singkat dengan MBR ?? Master Boot Record (MBR) adalah bagian dari hard disk yang kira-kira berukuran 512 byte dan terletak pada sektor pertama hard disk. MBR terdiri dari dua bagian utama, yaitu boot code(446 byte) dan partition table (66 byte). Saat perintah lilo, grub-install, atau fdisk /mbr pada DOS dijalankan, semua informasi ditulis pada pada bagian boot code. Adapun bagian partition table digunakan untuk menyimpan ber-bagai informasi yang diperoleh saat perintah partisi cfdisk dijalankan.Master Boot record dapat rusak atau terganggu karena banyak faktor. salah satu masalah yang dapat menyebabkan kerusakan ini ialah menggunakan dual System oprasi dalam satu harddisk. Hal lainnya ialah penginstalan Skins pack pada windows 7 yang dapat mengganggu MBR dari system oprasi itu sendiri.
Tentu di buat pusing dengan masalah seperti ini, jelas saja anda hanya bisa menekan ctrl + alt + del untuk melakukan restart komputer. Baiklah langsung saja saya jelaskan cara memperbaikinya,
1. Silahkan anda masukkan DVD instalasi windows 7 anda kedalam laptop, restart komputer, masuk ke settingan BIOS dengan menekan tombol sesuai tipe komputer dan laptop anda, tombol default biasanya DEL , F2 dan F10, baca selengkapnya tentang Settingan BIOS.
2. Setelah memasuki Setup dari DVD windows, maka silahkan pilih Repair Your Computer.


3. System pada DVD installer wndows 7 akan mencari di drive mana windows 7 anda di install. Jika sudah ditemukan, lanjutkan dengan klik tombol Next.

4. pada jendela System Recovery Options ada bisa memilih mana yang akan anda gunakan, karena kita akan memperbaiki boot loader windows 7 yang hilang, maka pilih Command Prompt. Jika sudah muncul kotak command prompt, maka kita akan menuliskan beberapa perintah sederhana.
A. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh perintah apa saja yang dapat dilakukan dengan perintah bootrec, gunakan perintah bootrec /? pada command prompt.
B. Jika Ingin memperbaiki Master Boot Record, maka silahkan gunakan perintah bootrec /fixmbr


setelah anda selesai melakukan perintah, silahkan Close jendela Command Prompt anda, kemudian restart komputer atau laptop anda.
Semoga berhasil dengan cara yang sederhana ini. Jika anda masih mengalami masalah dengan MBR ini, mungkin dengan berat hati anda harus melakukan instal ulang windows 7 anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar